Minggu, 04 Juli 2010

Bab 6 Keutamaan Makkah dan Ka'bah - Ayat ke-6

Ayat ke-6


“Allah telah menjadikan Ka'bah, rumah suci itu sebagai pusat (peribadatan dan urusan dunia) bagi manusia”. 

Keterangan
Ibnu Abbas r.anhuma meriwayatkan bahwa maksud dijadikan sebagai tempat tinggal adalah tetapnya agama mereka dan tetapnya bekas-bekas haji. Dalam hadits yang lain diriwayatkan darinya bahwa yang dimaksud adalah apabila seseorang masuk di dalamnya, maka ia akan aman. Hasan Bashri rah. a. membaca ayat ini lalu berkata, "Orang-orang akan tetap di atas agamanya selama ia menunaikan haji di rumah ini (Ka'bah) dan menghadapkan wajah ke arahnya di dalam shalat. ( Durrul-Mantsur )

Rasulullah saw. bersabda, "Perbanyaklah Thawaf di Baitullah karena ia telah roboh dua kali. Nanti kalau roboh untuk ketiga kalinya akan diangkat ke langit. Imam Ghazali rah.a. meriwayatkan hadits dari Ali Karramallahu wajhahu bahwa ketika Allah swt. hendak menghancurkan dunia ini, pertama kali yang dihancurkan adalah Ka'bah, kemudian dunia baru dihancurkan. (I Sumber: Kitab Ithaaf ) . Dalam hadits-hadits mengenai tanda-tanda kiamat banyak sekali disebutkan bahwa salah satu tandanya adalah dihancurkannya Ka'bah. Rasulullah saw.bersabda,"Seakan-akan aku melihat orang Habsyi yang menjatuhkan satu persatu batu dinding Ka'bah dan menghancurkannya. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa orang-orang akan selalu dalam keadaan baik selama mereka selalu mengagungkan Ka'bah sebagaimana haknya. Dan apabila mereka tidak mengagungkan Ka'bah, mereka akan binasa.(Misykat)
Di dalam sebuah hadits disebutkan bahwa kiamat tidak akan terjadi selama Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim belum diangkat. Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa di antara tanda-tanda kiamat adalah orang-orang Habasyah akan menyerang Ka'bah dan pasukan itu sedemikian besarnya sehingga yang terdepan berada di dekat Hajar Aswad, dan yang paling belakang berada di pinggir laut di Jeddah, dan mereka menjatuhkan satu persatu batu dinding Ka'bah dan menghancurkannya. (Ithaaf)



0 komentar:

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini berusaha menyampaikan kutipan-kutipan ayat-ayat suci Al Qur'an maupun hadits-hadits Nabi SAW, mengenai keutamaan melaksanakan ibadah haji dan umroh. Semoga bermanfaat ya...

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP