Minggu, 04 Juli 2010

Bab 6 Keutamaan Makkah dan Ka'bah - Ayat ke-3 dan 4

Ayat ke-3

 “Barangsiapa memasukinya ( Baitullah Itu ) menjadi amanlah ia”.

Keterangan
Tempat ini dikatakan sebagai .tempat yang aman dari dua sisi. Pertama, dari sisi akhirat, yakni dengan mengerjakan shalat, puasa, dan amalan lainnya, seseorang akan aman dari adzab Jahannam. Kedua, bila ada orang yang membunuh seseorang di luar tanah Haram kemudian ia masuk ke tanah Haram, maka sebagai qishashnya ia tidak dibunuh di tanah Haram. Hanya saja, ia tidak diberi makan minum dan sebagainya, sehingga ia terpaksa keluar dari tanah Haram dan setelah keluar baru dibunuh. Umar r.a. berkata, "Seandainya aku menjumpai pembunuh ayahku di tanah Haram, maka aku tidak akan menangkapnya sehingga ia keluar. Bahkan putranya, Abdullah bin Umar r.anhuma mengatakan, "Seandainya aku menemukan pembunuh ayahku di tanah haram, maka aku tidak akan memaksanya. Diriwayatkan juga dari Abdullah bin Mas'ud r.a. perkataan yang sama tentang pembunuh ayahnya.( Durrul-Mantsur)

Ayat ke-4


“Dan ( ingatlah ), ketika Kami menjadikan rumah itu ( Baitullah ) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman”.

Keterangan
Menjadikannya sebagai tempat kembali mempunyai dua makna. Pertama, dijadikan sebagai kiblat, yakni orang-orang kembali kepadanya di dalam shalat. Kedua, orang-orang datang ke arahnya dengan berjalan kaki. Bisa juga berasal dari kata Tsawab yang artinya pahala, yakni dijadikan sebagai tempat pahala, karena satu kebaikan di sana sama dengan seratus ribu kebaikan. Abdullah bin Abbas- r.anhuma berkata, "Maksud dijadikannya sebagai tempat kembali adalah bahwa hati manusia tidak pernah kenyang darinya. Sekali pergi haji, hati ingin terus pergi berhaji. ( Durrul-Mantsur )




0 komentar:

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini berusaha menyampaikan kutipan-kutipan ayat-ayat suci Al Qur'an maupun hadits-hadits Nabi SAW, mengenai keutamaan melaksanakan ibadah haji dan umroh. Semoga bermanfaat ya...

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP