Rabu, 14 Oktober 2009

Bab 3 Sabar Menghadapi Kesusahan Dalam Perjalanan Haji. Hadits ke-1

Di dalam hadits banyak didapati sabda-sabda Nabi saw mengenai keutamaan menunaikan haji dengan berjalan kaki. Di antaranya sebagai berikut:

Hadits ke-1

Ibnu Abbas r.huma meriwayatkan secara marfu’ bahwa barangsiapa yang pergi berhaji ke Makkah dengan berjalan kaki hingga ia kembali, maka setiap langkah dituliskan baginya satu kebaikan dari kebaikan-kebaikan tanah Haram. Seseorang bertanya,” Apa itu kebaikan-kebaikan tanah Haram?” Rasulullah saw menjawab,” Satu kebaikan menyamai seratus ribu kebaikan.” ( Hadits Riwayat Hakim ).

Keterangan:

Berdasarkan perhitungan ini, 700 ratus kebaikan setara dengan 70 juta kebaikan. Ini adalah pahala dari setiap langkah. Dengan demikian, bisakah pahala seluruh perjalanannya dihitung ? Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Ibnu ‘Abbas r.huma ketika hendak meninggal dunia berwasiat kepada putra-putrinya supaya pergi haji dengan berjalan kaki. Kemudian ia menerangkan hadits di atas. ( sumber: Kitab Ithaafus Sadah )

Dalam beberapa riwayat dinukilkan dari Rasulullah saw bahwa pahala satu shalat di Masjidil Haram menyamai 100 ribu shalat. Hasan Bashri rah.a. berkata,” Pahala 1 puasa di Tanah Haram menyamai pahala puasa 100 ribu kali. Dan bersedekah 1 dirham mendapatkan pahala bersedekah 100 ribu dirham. Begitu juga setiap kebaikan yang dikerjakan di Tanah Haram menyamai 100 ribu kebaikan di luar tanah Haram.” ( Kitab Ithaaf )

Di sini terdapat satu perkara yang sangat penting untuk diperhatikan, yaitu sebagaimana pahala satu kebaikan di tanah Haram sama dengan 100 ribu kebaikan, begitu pula adzab terhadap dosa yang dilakukan di sana juga sangat banyak. Oleh karena itu, sebagian ulama menulis bahwa bermukim di Tanah Haram hukumnya makruh, karena seseorang pasti melakukan kesalahan dan dosa. Sedangkan melakukan dosa di sana sangat keras hukumannya. Ibnu ‘Abbas r.huma berkata,” Jika aku melakukan 70 dosa di Rukiah ( nama sebuah tempat di luar tanah Haram ), maka itu lebih baik daripada aku melakukan 1 dosa di Makkah Al Mukarromah.” ( Kitab Ithaaf ).

0 komentar:

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini berusaha menyampaikan kutipan-kutipan ayat-ayat suci Al Qur'an maupun hadits-hadits Nabi SAW, mengenai keutamaan melaksanakan ibadah haji dan umroh. Semoga bermanfaat ya...

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP