Minggu, 27 Juni 2010

Bab 11 Penutup- Kisah-kisah Haji. Kisah ke-3

Kisah ke-3

Bisyr Haafi rah.a: berkata, "Pada waktu sore aku melihat seseorang di Padang Arafah yang menangis dengan pilunya. Dengan penuh kegelisahan sambil menangis, ia membaca beberapa bait syair:

Betapa sucinya Dzat itu, Dia suci dari segala aib
Apabila kita bersujud di hadapan-Nya
di atas duri dan jarum panas sekalipun
Tetap saja kita tidak bisa memenuhi hak nikmat-Nya
walau sepersepuluh dari sepersepuluhnya
Bahkan satu persen dari satu persennya pun tidak bisa
Setelah itu, ia membaca syair berikut ini:
Wahai Dzat Yang Mahasuci, berapa banyak aku telah tersesat
Dan dalam kesesatanku itu aku tidak pernah mengingat-Mu
Dan Engkau wahai Rajaku Yang selalu mengingatku secara ghaib
Karena kebodohanku berapa kali aku telah membuka aibku sendiri ketika aku bermaksiat
Dan Engkau selalu berlembut kepadaku dengan menutupi kesalahanku 

Bisyr rah.a. berkata, "Kemudian ia menghilang dari pandanganku. Aku bertanya kepada orang-orang mengenai dirinya. Orang-orang menjawab bahwa ia adalah Abu Ubaid Khawwash rah.a., salah seorang wali terkemuka." Mengenai dirinya disebutkan bahwa ia selama tujuh puluh tahun tidak pernah menengadahkan wajahnya ke langit. Seseorang bertanya mengenai sebabnya. Ia menjawab, "Aku malu kepada Dzat Yang Sangat Pemurah itu, bagaimana aku mengangkat mukaku yang hitam ( penuh dosa ) ini ke arah-Nya?"
Betapa sangat mengherankan, seorang hamba yang selalu taat seperti itu sangat merendahkan dirinya. Dan dengan ibadahnya yang bagus, ia sangat malu kepada Allah swt.. Sebaliknya, para pendosa tidak merasa malu atas dosa-dosanya. Ya Allah, pada hari Kiamat, janganlah Engkau haramkan kami dari melihat wajah-Mu Yang Suci. Dan jadikanlah kami orang yang mendapat manfaat dari keberkahan orang-orang shalih. Dan letakkanlah kami di bawah naungannya di dunia dan akhirat. ( Kitab Raudh, hal. 57 )




0 komentar:

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini berusaha menyampaikan kutipan-kutipan ayat-ayat suci Al Qur'an maupun hadits-hadits Nabi SAW, mengenai keutamaan melaksanakan ibadah haji dan umroh. Semoga bermanfaat ya...

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP