Minggu, 27 Juni 2010

Bab 11 Penutup- Kisah-kisah Haji. Kisah ke-8

Kisah ke-8

Ibrahim bin Muhallab rah.a. berkata, "Ketika aku sedang thawaf, aku melihat seorang hamba sahaya perempuan yang berkata sambil memegang kelambu Ka'bah, 'Wahai Tuanku, demi kecintaan-Mu kepadaku, .balikkanlah hatiku.' Aku bertanya, 'Wahai anak perempuan, bagaimana engkau tahu bahwa Allah swt. mencintaimu?' la menjawab, 'Aku tahu dari kasih sayang-Nya. Dia telah mengirim tentara Islam untuk menangkapku. Berapa banyak harta yang telah Dia berikan kepada mereka. Setelah Dia mengeluarkan aku dari cengkeraman orang-orang kafir, Dia telah menjadikanku muslim, dan memberiku makrifat. Padahal, sebelumnya aku sama sekali tidak mengenal-Nya. Wahai Ibrahim, bukanlah ini kasih sayang-Nya?' Aku bertanya lagi, 'Seberapakah cintamu kepada Allah swt.?' Ia menjawab, 'Sebanyak mungkin dan sebesar mungkin.' Aku bertanya, 'Bagaimana itu?' Ia menjawab, 'Lebih lezat daripada arak dan lebih disukai oleh hati daripada air bunga mawar.' Setelah itu ia membaca tiga bait syair:
Orang yang sedang gelisah tidak mengenal sabar dan ketenangan
Ia hanya memiliki mata yang selalu mengalirkan air mata, dan mata yang telah rusak karena banyak menangis, dan hanya memiliki satu badan yang telah kurus karena percikan air kerinduan
Bisakah penyakit cinta diobati
Akibat cinta sangatlah dahsyat, khususnya ketika Dzat Yang Maha Pengasih menyayanginya dengan panah-panah rahmat-Nya
Setelah membaca syair ini, ia pun pergi.
( Sumber: Kitab Raudh )


0 komentar:

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini berusaha menyampaikan kutipan-kutipan ayat-ayat suci Al Qur'an maupun hadits-hadits Nabi SAW, mengenai keutamaan melaksanakan ibadah haji dan umroh. Semoga bermanfaat ya...

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP