Minggu, 04 Juli 2010

Bab 8 Berkunjung ke Madinah - Hadits ke-3

Hadits ke-3

Dari Abdullah bin Umar r.huma, Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa yang menziarahi aku setelah wafatku, seakan-akan ia telah menziarahi aku semasa hidupku." (H.r. Thabrani, Daru Quthni, Baihaqi).

Keterangan
Dalam kitab Misykat disebutkan sebuah hadits yang berbunyi, "Barang siapa menunaikan haji kemudian menziarahi kuburku, maka ia seperti orang yang menziarahi aku pada masa hidupku."
Maksud seperti orang yang menziarahi aku pada masa hidupku bukannya ia menjadi sahabat, akan tetapi maksudnya adalah bahwa para nabi itu hidup di dalam kuburnya masing-masing. Maka seakan-akan seseorang telah datang di rumah beliau dan beliau menjumpainya di luar rumah.
Dalam hadits di atas disebutkan, setelah menunaikan haji supaya berziarah ke makam Rasulullah saw. Mengenai hal ini, para ulama berselisih pendapat apakah ke Madinah dulu atau menunaikan haji terlebih dahulu. Ibnu Hajar rah.a. menulis, "Pendapat kebanyakan ulama kami adalah hendaknya menunaikan haji dahulu." Akan tetapi ada pendapat yang mengatakan bahwa apabila waktunya lapang sehingga bisa melakukan ziarah dengan tenang pula, hendaknya berziarah terlebih dahulu karena dikhawatirkan setelah menunaikan haji ada sesuatu yang menghalangi dari berziarah ke makam Rasulullah saw. dan apabila waktunya sempit, hendaknya mendahulukan haji. Mulla Ali Qari' menulis bahwa apabila haji fardhu, maka hajinya yang didahulukan. Tetapi syaratnya, Madinah Munawwarah tidak di jalur yang ia lalui, dan apabila Madinah Munawwarah berada di jalan yang ia lalui, maka melangsungkan perjalanan tanpa berziarah ke kubur Nabi saw. adalah satu kelalaian. Itu pun ,§yaratnya adalah waktu menunaikan haji tidak terlalu dekat dan tidak dikhawatirkan ibadah haji tidak terlepas. Dan apabila haji sunnah, maka terserah yang bersangkutan, mau mendahulukan haji sunnahnya atau ziarah ke kubur Nabi saw. dan yang lebih utama adalah mendahulukan haji supaya dosa-dosanya dibersihkan oleh ibadah haji, baru kemudian berziarah ke kubur Nabi saw.



0 komentar:

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini berusaha menyampaikan kutipan-kutipan ayat-ayat suci Al Qur'an maupun hadits-hadits Nabi SAW, mengenai keutamaan melaksanakan ibadah haji dan umroh. Semoga bermanfaat ya...

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP